Biografi KH. Muhyiddin Abdusshomad

Repost From: https://binanuris.blogspot.com/
Muhyiddin Abdusshomad, lahir di Jember jawa Timur 5 Mei 1955, dari pasangan KH. Abdusshomad (alm) dengan Ny. Hj Maimunah (alm). Pada tahun 1980 mempersunting Hj. Fatimah M.Pdi. dan dikaruniai tiga orang anak, Balqis al-khumairo’ S.Pdi (31), Robit Qosidi, Lc.(28), dan Hasanatul Kholidiyah S.Pdi (24).

Mulai sejak kecil beliau sudah berada di lingkungan pesantren. Belajar membaca al-Qur’an kepada ayah dan ibunya sendiri di pondok pesantren Darussalam Jember.


Pendidikan selanjutnya adalah nyantri di pondok pesantren Roudlotul Ulum Sumberwingin Jember, asuhan KH. Umar dan KH. Khotib Umar, mulai tahun 1966 s/d 1973.

Pada tahun 1973 s/d 1980 belajar di pondok pesantren Sidogiri Pasuruan asuhan KH. Kholil Nawawi. Di pesantren ini beliau Mengikuti pelatihan kader aswaja bimbingan KH. Khoiron Husain (alm). Dan KH. Bashori Alwi tahun 1975 s/d 1977.

Pada tahun 1995 s/d 1996 mengikuti pelatihan PPWK (Program pengembangan Wawasan Keulamaan) yang diselenggarakan Lakpesdam PBNU.

Dan pada tahun 1996 mendapatkan ijazah ilmiah Ammah dari Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki.

Mengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Sumbersari Jember (berdiri tahun 1981) dan Pondok Pesantren khusus Mahasiswa Nurul Islam ll (Nuris ll) yang didirikan pada tahun 1991 di Mangli Kaliwates Jember.

Disamping kesibukannya memndidik santri, mulai tahun 1983 beliau juga mengabdi di NU dengan Menjadi pengurus MWC, Sekretaris RMI Cabang Jember,Wakil katib Syuriah PCNU, ketua Tanfidziyah PCNU dan saat ini menjabat rais syuriah PCNU Jember.

Aktif diberbagai LSM seperti P3M, Puan Amal Hayati. sejak 2001 sampai sekarang menjadi ketua Yayasan Rahima, sebuah LSM yang bergerak dibidang pemberdayaan perempuan

Buah karyanya yang sudah diterbitkan antara lain:
  1. FIQH TRADISIONALIS, Jawaban Pelbagai Persoalan Keagamaan Sehari-hari
  2. TAHLIL DALAM PERSEPEKTIF AL-QURAN DAN HADIST
  3. HUJJAH NU, Akidah-Amaliyah-Tradisi
  4. AL-HUJAJ AL-QATH’IYYAH fii Shihhat al-Mu’taqadaat wal al-‘Amaliyyaat al-Nahdhiyyah
  5. AQIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH, Terjemah & Syarah Aqidah al-‘Awam
  6. SHALATLAH SEPERTI RASULULLAH, Dalil Keshahihan Shalat ala ASWAJA
  7. ETIKA BERGAUL, di Tengah Gelombang Perubahan
  8. Manajemen Qolbu
  9. ARGUMEN AMALIYAH DI BULAN SYA’BAN DAN RAMADHAN

Dan yang akan terbit adalah Konsep Pendampingan Perempuan Korban Kekerasan oleh Pesantren, berkolaborasi dengan aktivis pembela perempuan yang lain.  

Related Posts:

0 Response to "Biografi KH. Muhyiddin Abdusshomad"

Posting Komentar